Sunday, May 22, 2011

Gw, PERSIJA dan The Jakmania "seorang supporter kecil" (part 1)

by Panji Eka Sapta, 22 mei 2011 

Panji kecil adalah anak yang ceria dan emang sangat suka bola. Mungkin emang turunan dari keluarga nyokap yang penggila bola. Mulai dari OPA gw yang dulu “katanye” pelatih klub galatama Kramayudha. Dan gw juga sering diceritain dulu saat kakek gw ngelatih kramayudha seluruh keluarga bahkan sekelurahan (Kampung Bali) tanah abang di angkut naek bis buat nonton pertandingan. Dengan berbagai cerita itulah gw mengenal sepakbola. Ditambah lagi didukung faktor lingkungan. Temen-temen sepermaenan gw juga suka sepakbola. Gw besar di kota bambu. Emang di lingkungan rumah gw gak ada lapangan bola, jadi kami harus dengan terpaksa maen di jalan atau bahkan di dalem gang. Tapi namanye juga anak kecil demen bola, maen dimane juga seru.



Saat itu gw umur 5 tahun, masuk TK Nur Ass Solihat mulai ngerti ada tim tim bola. Masih inget banget gw seneng bukan maen waktu nyokap gw beliin gw baju bola. Dengan bangganye gw pake tuh baju tanpa gw sadar jersey klub apa itu. Baju dengan corak garis hitam putih dengan nomor punggung 10 bernama Del Piero. Ternyata itu jersey klub asal italia, Juventus yang akhirnye gw gak suka klub tersebut. Melalui pengaruh Alm om gw “om iki” akhirnye  menetapkan hati menjadi pendukung klub italia lainnya Internazionale Milano.
Nah mulai dari umur segini gw semakin mendalami sepakbola. Awal gw tahu sepakbola Indonesia juga bukan karena PERSIJA, tapi karena Pelita Jaya. Sebagai warga Jakarta emang waktu itu gw lebih sering denger nama Pelita Jaya, di banding PERSIJA. Awal gw kenal dan tahu PERSIJA adalah waktu gw kelas 2 SD, saat itu bulan ramadhan dan OPA gw, Alm Opa Ramelan atau biasa dikenal OPA LALANG ngajak gw ngabuburit. Nah gw gak tahu deh tuh mau di ajak jalan kemane, akhirnye gw dan opa sampe di stadion menteng. Stadion pertama yang gw datengin. kalo gak salah waktu itu ke stadion menteng gak Cuma berdua ikut juga sepupu gw dendy. Saat itu kami nonton laga uji coba PERSIJA vs Persipasi bekasi. Nah disitulah gw dikenalin sama pemain-pemain PERSIJA kala itu. Yang menyorot perhatian gw kipernye yang item gede dan serem. Nama kiper itu Mbeng Jean. Karena saat itu puasa, waktu istirahat para pemain PERSIJA mengambil air mineral, dengan polos gw tanya ke opa gw “pemaen bolanye gak puasa ye pa??” lalu opa gw ketawa dan menunjuk kearah pemaen, kalo gak salah Nur Alim, “liat Tuh” kata opa gw, Nur Alim yang berambut gondrong ternyata menggunakan aer untuk menyegarkan tubuh dengan menyiram aer tersebut ke rambut dan kepalanya. Hehehe...

Pertandingan uji coba tersebut dimenangkan oleh PERSIJA dengan skor telak, gw lupa skornye. Saat pulang kami jalan kaki sampe bundaran HI. Bayangin aje anak kecil kelas 2 SD dan sepupu gw yang masih TK lagi puasa di ajak jalan sampe bundaran HI dari stadion menteng. Sampe bundaran HI pas adzan maghrib dan kami buka puasa disana. Disitulah awal gw kenal PERSIJA JAKARTA MACAN KEMAYORAN.

Beranjak kelas 3 gw harus meninggalkan ibukota, karena bokap gw beli rumah melalui kredit dari kantornye di wilayah citayem. Nah saat fase ini gw gak begitu ngikutin perkembangan PERSIJA. Karena temen-temen gw disana dan juga didukung siaran TV liga luar, gw lebih tertarik dukung Internazionale Milan dan Liverpool. PERSIJA hilang dari perhatian gw, tapi gw tetep dukung timnas indonesia, yang kala itu terjadi tragedi “sepak bola gajah.” Nama-nama yang gw tahu kala itu hanya kurniawan, bima sakti, kurnia sandi, nur alim, widodo dll. Sampe pada akhirnye di tahun 2000 gw tahu ada striker muda potensial indonesia yang mencuat. Bambang Pamungkas.

Bambang Pamungkas adalah striker muda asal PERSIJA. Dan gw inget dulu opa gw ngajak nonton latihan PERSIJA di menteng. Dan juga kalo gak salah waktu itu ada bambang pamungkas atau gak yeee??  Karena saat itu gw gak begitu memperhatikan.. Hehehe

Nah di tahun 2000 itulah gw mulai jadi pendukung PERSIJA dan mengikuti perkembangan PERSIJA. Karena gw masih kecil dan juga gw udah gak tinggal sama opa gw, jadi gak ada orang yang ngajak gw ke stadion untuk nonton PERSIJA. Alhamdulillah dan seneng banget gw nonton dari layar kaca PERSIJA juara. Gw masih inget partai final itu. Sempet kan bambang pamungkas dijatuhkan di kotak pinatli, tapi di sangka diving. Dan gw juga inget gol indah bola plessing bepe ke gawang PSM. Dan mulai dari itu gw jadi suka PERSIJA dan menjadi tim favorit gw. Memang saat itu bisa dibilang gw lebih cenderung ke inter milan, bahkan sampe bikin kliping pemaen intermilan. Tukang koran sampe heran gw yang masih kecil (karena badan gw kecil) rajin beli koran bola. Dan yang gw liat pertama adalah liga italia, inggris dan Indonesia juga tentunya dengan PERSIJA. Gw juga mulai sering nonton ligina dengan dukung PERSIJA.

Setelah sekian lama hanya menyaksikan PERSIJA melalui layar kaca, akhirnya kesempatan menonton PERSIJA tiba juga. Di tahun 2005 saat itu gw udah kelas 3 SMP di ajak nonton babak 8 besar ligina PERSIJA vs psm. Gw nonton di ajak sepupu gw dendy dan bapaknye om umang, saat itu kami nonton di tribun VIP, inilah awal gw liat atraksi para The Jakmania yang selama ini hanya gw lihat lewat TV. Di sekitar kami di penuhi orang-orang atau lebih tepatnya bapak bapak makasar. Kenapa gw gak bilang suporter PSM?? Ya karena mereka bukan mendukung, tapi lebih pada menonton. Bahkan bisa dibilang nonton pertandingan tinju bukan sepakbola. Kata-kata kasar sering kali terdengar. Seperti HAJAR, MAMPUS dll. Saat itu PERSIJA unggul duluan melalui sundulan agus indra, sontak gw naek ke bangku dan berloncat loncat. Nah karena emang badan gw yang kecil, bapak-bapak pendukung PSM di belakang gw terlihat gak seneng, gw di tarik saat loncat-loncat di bangku sampe terjatuh dan ngomong “ norak kau” dan bla bla bla kata kata kasar banget lha. Lalu saat psm menyamakan kedudukan gantian bapak-bapak itu loncat tapi bukan di tempatnye, melainkan di bangku gw. Gw di dorong lalu bapak itu dengan noraknya atau bisa gw bilang lebih norak daripada gw tadi injek – injek bangku gw. Pertandingan berakhir imbang.

Saat kelas 3 SMP juga gw hadir di stadion merpati depok dalam partai persikad vs PERSIJA. Dan itu jadi satu-satunye partai tandang PERSIJA yang gw datang langsung ke stadion. Hehehe.. karena dekat rumah dan juga ijin orang tua serta kesibukan gw sebagai pelajar (dulu) dan sekarang mahasiswa menjadikan gw gak bisa menyaksikan partai tandang PERSIJA. Saat itu gw berencana nonton bareng temen gw hadyan atau dipanggil ano. Gw tungguin di jembatan seberang SMK Bintara gak dateng juga padahal 30 menit lagi pertandingan dimulai. Akhirnya gw jalan sendirian menuju stadion merpati dengan kaos oren. Gak ada warga depok yang mengusik gw. Karena emang The Jakers yang menguasai stadion dan sekitar stadion merpati di perumahan depok 1. Dan gw pun kehabisan tiket saat partai 15 menit lagi dimulai. Terpaksa gw manjat pager buat nonton dari luar stadion. Dan saat itu ada calo yang nawarin tiket VIP yang sudah dirobek dengan ½ harga. gw pikir daripada nonton pegel berdiri pegangan pager mendingan gw beli tiket tersebut dengan harga 15rb. Dan ditunjukan jalan masuk gw oleh si calo yang ternyata dia sudah bekerjasama dengan penjaga pintu. Jadilah tribun VIP yang seharusnya nyaman, jadi penuh sesak karena banyak penonton yang masuk sama seperti gw.

Beranjak memasuki SMA pun gw berkeinginan untuk tetap lanjut ke SMA Negri. Perlu diketahui dari SD, SMP gw sekolah di sekolah Negri (SDN Citayam 01) dan (SMPN 9 Depok).  Karena banyaknya SMP di depok sedangkan SMA Negri Cuma ada 6. Akhirnya gw gagal dapet SMA Negri di Depok. Pilihan gw ada 2 coba SMA Negri di Bogor atau Jakarta. Karena gw belum mengenal Bogor banget, maka diputuskan gw coba di Jakarta. Dan Alhamdulillah gw diterima di SMAN 23 Jakarta. Selama SMA gw tinggal di rumah saat gw kecil dulu di kota bambu bersama OPA, nenek, om iki (yang berangkat berlayar) tante dan sepupu gw yang masih kecil. Disilah awal gw tahu banyak tentang The Jakmania. Awal kelas 1 SMA memang gw lebih tertarik pada sepakbola luar, terutama INTERMILAN dan Liverpool.  Dan temen-temen gw juga pendukung Inter, Milan, Juve, MU dll. Sampai pada suatu ketika kami berbicara tentang sepakbola nasional pastilah nyambungnye ke PERSIJA. Nah inilah awal gw mulai rajin datang ke Lebak Bulus bersama kawan gw, Irval, Rizki, Imam dan Joe. Dengan modal nekat, sekolah selesai pukul 15.00 kami langsung berangkat dengan motor tanpa helm. Kami hanya membuka seragam SMA dan menggunakan baju The Jak dengan syal oren melilit di leher kami, Karena memang saat itu rasanya polisi membiarkan The Jakmania dan tidak berani tilang kami. Hehehe... begitu juga saat PERSIJA berlaga pada hari libur.


Ada suatu peristiwa yang gak mungkin gw lupakan, orang yang memperkenalkan gw dengan PERSIJA Jakarta yaitu OPA gw meninggal pada tanggal 1 maret 2006. OPA memang sudah 2 tahun terserang penyakit jantung, sudah beberapa kali di rawat di RS. Saat itu partai kandang PERSIJA vs psim. Gw mungkin emang punya firasat, saat itu gw dan kawan-kawan memang gak berangkat ke lebak bulus. Sepulang sekolah gw langsung pulang karena ingin nonton PERSIJA dari layar kaca, gw gak ikut nongkrong dulu bareng temen-temen gw. Saat sampe rumah, di depan kamar OPA gw udah rame sama orang, ada nenek, tante, tetangga bahkan nyokap gw dateng dari citayam. Saat itu gw gak ambil pusing, gw pikir OPA lagi minum obat atau makan atau apalha. Karena emank pada saat gw tinggal disana untuk sekolah SMA, OPA emang udah gak bisa berjalan, dan gw sering bantu makan, minum, membantu jalan, dorong kursi roda, bahkan sampai membantu OPA gw Buang Air Kecil (kalo urusan BAB,  urusan nenek gw). Sampai ruang tengah gw liat jam, sudah pukul 15.30, buru-buru gw ke kamar om gw, buat nonton PERSIJA, karena gw gak enak nonton bola di TV ruang tengah, sedangkan lagi rame. Saat melewati kamar OPA gw, gw teriak aje, “OPA PERSIJA maen, nonton gak??” biasanye OPA gw jawab iya, lalu menjentikkan jarinya sebagai tanda minta bantuan gw untuk duduk di kursi roda dan nonton PERSIJA bareng gw. Tapi saat itu OPA gw diam aje, karena gak ada jawaban, maka gw pun lanjut aje nonton di atas. Saat babak ke 2 dimulai tante gw masuk kamar dengan wajah sedikit menangis, gw gak tanya kenapa, karena gw fokus ke pertandingan. Akhirnya pertandingan usai dengan skor imbang 0-0. Lalu gw beranjak turun ke bawah. Sampe di bawah, kok rumah makin rame?? gw sedikit kebingungan. Ternyata saat itu OPA gw tengah dalam keadaan kritis. Dan itu terjadi dari tadi siang. Ya Allah.. pantesan tadi OPA gw gak jawab waktu gw ajak nonton PERSIJA.. ternyata.. dan akhirnye OPA gw menghembuskan nafas terakhir ba’da isya. Gw ada disamping OPA gw saat itu. Gw sendiri yang memeriksa kalo denyut nadi OPA gw sudah gak berdenyut lagi. OPA dimakamkan di Tangerang keesokan harinya. Selamat jalan OPA... PERSIJA adalah warisanmu untukku yang paling berharga.. 

(to be Continued...)

No comments:

Post a Comment