Monday, December 19, 2011

AWAL MULANYA (klub pertama : Persija Jakarta)

RAGUNAN, 9 MEI 2011

Nama gw TAUHID INDRASJARIEF. Gw lahir di Bandung, 18 Februari 1965. Nama itu pemberian dari bokap gw. Cara ngasi namanya aneh banget. Bokap ambil Al Quran dan buka sembarangan. Persis di halaman yg kebuka, bokap cari sebuah kata yg dianggap pas tuk dijadikan nama. Dapatlah kata TAUHID, sebuah kata yg menurut gw terlalu tinggi. Tapi nama adalah doa dan harapan orang tua tentunya, dan gw bersyukur bokap ga kasi nama gw MALINGAYAM. Untuk melengkapi, bokap nambahin nama INDRASJARIEF di belakangnya, pake ejaan lama. Menurut nyokap gw, nama tersebut susah disebutnye, jadi nyokap ngasi nama lagi yg lebih gampang manggilnye.... FERRY. Pemberian nama itu bukan tanpa alasan. Konon di sekitar rumah, ada seorang anak Belanda usia belasan tahun bernama Ferry yang menurut pandangan nyokap sangat ganteng, gagah dan sehat selalu. Nyokap kasi nama bule itu ke gw dengan harapan gw bisa tumbuh seperti bule itu. Rasanya harapan nyokap lebih terbukti dari pada bokap, paling enggak hingga saat ini. Hehehehehe....

Bokap, nyokap, kakak dan ade-ade gw lahir di Jakarta, mungkin karena takut di kemudian hari ada masalah, bokap gw bikin akte kelahiran gw ampe 2 biji. Satu kelahiran Bandung, satu lagi kelahiran Jakarta. Dulu nyokap gw emang terpaksa ngungsi ke Bandung, tempat nenek gw, karena di Jakarta lagi heboh2nya G30S PKI. Setelah sempat merasakan hidup di Jakarta, atau tepatnya di Sawah Besar Jakarta Pusat, umur 3 tahun gw pindah dan tinggal sama nenek gw di Cigombong Jawa Barat. Ga lama gw disana, akhirnya kembali lagi ke pangkuan ibunda tercinta di Jakarta. Konon katanya di masa kecil, gw sempat bisa berbicara bahasa Sunda. Sayangnya udah gede gw sama sekali lupa dengan bahasa keluarga besar nenek dari ibu gw tersebut.

Umur 5 tahun, keluarga gw pindah lagi ke kompleks Garuda di Rajawali, masih di jakarta Pusat. Bokap memang Penerbang alias Pilot Garuda. Di Rajawali inilah gw mulai diperkenalkan sama sebuah olahraga permainan yg bernama SEPAKBOLA. Kakek dari Bokap gw memang orang Betawi Asli. Berasal dari Petojo di Jakarta Pusat. Beliaulah yg sering banget ngajak cucu2nya tuk nonton bola di Senayan. Memang kebanyakan gw diajak nonton Tim Nasional bertanding. Tapi karena materi pemain tim nasional itu dipenuhi oleh pemain2 Persija, otomatis gw dan sodara2 gw jadi jatuh cinta sama Tim Persija Jakarta. Setiap ada turnamen Suharto Cup, gw pasti menjagokan Persija jadi juaranya. Seinget gw, saingan Tim Persija saat itu adalah Persebaya Surabaya, PSMS Medan, Persipura dan PSM Ujungpandang. Nama2 yang masih melekat di ingatan gw adalah Yakob Sihasale, Abdul Kadir, Hadi Ismanto, Subodro, Waskito, Ngurah Rai (Persebaya), Jakobus Mobilala, Hengky Heipon, Hengky Rumere, Leo Kapisa, Timo Kapisa, Johanes Auri (Persipura), Nobon, Sunardi A, Sunardi B, Parlin Siagian (PSMS Medan) serta Dulah Rahim, Yusuf Male (PSM). Kalo dari Persija? Wah ini mah dream team masa itu.... Roni Pasla, Sutan Harhara, Oyong Lisa, Suaeb Rizal, Soyan Hadi, Junaedi Abdillah, Anjas Asmara, Iswadi Idris, Andi Lala, Risdianto, Taufik Saleh, Rahman Halim, dan Sudarno.



Dari Suharto Cup, tontonan berikutnya adalah Kompetisi Perserikatan PSSI yang formatnya berubah-rubah seperti beberapa tahun yg lalu. Kadang 6 besar, kadang juga 18 besar. Tambah lagi deh pengetahuan gw tentang sepakbola Indonesia dengan adanya tim-tim seperti Persib Bandung, Perseman Manokwari, Persiraja Banda Aceh, Persipal Palu, Perseden Denpasar, dan PSP Padang. Sangking asiknya mengikuti perkembangan sepakbola nasional, gw sampai rajin membuat kliping guntingan koran Kompas yang memang jd koran yg paling mengekspos sepakbola dibandingan Sinar Harapan. Jaman dulu kan cuma ada 2 koran tsb di ibukota. Meski banjir nama2 tim Perserikatan, gw tetep suka sama tim kebanggaan kakek gw... Persija Jakarta. Memang sempat ketika Persija gagal melaju, gw tetap hadir di Senayan tuk menyaksikan permainan bintang2 baru dari Perseman Manokwari atau Persiraja Banda Aceh, tapi itu karena kecintaan gw pada sepakbola nasional.

Mendukung Tim Nasional juga jadi sebuah kegiatan rutin. Karena kakek gw, Bapak Moedjeran, adalah Kepala Bidang Rumah Tangga di Bank Rakyat Indonesia, dia selalu dengan mudah mendapatkan tiket terusan (dulu sudah ada) setiap Tim Nasional mengikuti turnamen2. Biasanya nyokap gw rajin bawain makanan kesukaan anak2nya : bacang atau lontong isi. Jadilah gw nonton bola di Senayan seperti orang ingin nonton hiburan. Dateng sambil bawa makanan dan minuman, menikmati pertandingan. Suatu hal yg mungkin sulit didapat ketika kita nonton bola di masa sekarang. Yang paling gw inget adalah ketika tim Pra Olympic gagal lolos ke Olimpiade. Ketika itu kita berhasil masuk final menyisihkan tim-tim Malaysia, Thailand dan Singapura. Bertemu Korea Utara di Final, tim kita mampu mengimbangi dan bermain penuh semangat. Hasil draw hingga perpanjangan waktu membuat pertandingan harus diselesaikan dengan adu tendangan penalti. Hasilnya semua sudah tau, diiringi derai tangis dari seluruh penonton di Senayan, tim kita gagal lolos ke Olimpiade.

Anarkisme sebetulnya juga sudah terjadi di masa itu. Gw inget banget, ketika itu ada seorang pemuda berusia kira-kira 25 tahun merasa kesal dengan kegagalan2 pemain kita menjaringkan bola di masa normal 2x45 menit. Spontan karena terlalu emosi, pemuda itu melempar sebuah sandalnya ke lapangan, dan kemudian duduk lagi dengan manis. Ketika akan pulang, dia baru ingat kalo sebuah sendalnya sudah dilempar ke lapangan. Akhirnya sandal sisanya dia lemparkan lagi ke lapangan untuk melampiaskan kekecewaan. Soal lompat pager masuk lapangan, itu juga sudah terjadi sejak dulu meski bisa diitung dengan jari. Seorang anak kecil, karena begitu mengidolakan Johanes Auri, bek kiri Tim Garuda, melompat pagar dan memasuki lapangan, menghampiri Johanes Auri tuk hanya sekedar menepuk bahunya dan kembali ke tribun. Bocah itu sempat tertangkap pihak keamanan tapi dilepaskan lagi karena teriakan dari penonton yg melakukan protes. Pernah juga terjadi, ketika pertandingan selesai dan dimenangkan oleh Indonesia, 2 orang pemuda berkulit gelap lompat memasuki lapangan dan berlari sambil mengembangkan SANG SAKA MERAH PUTIH. Kelak, salah satu dari kedua pemuda tsb menjadi rekan gw ketika sama2 mendirikan the Jakmania.

Kemudian muncul Galatama, sebuah kompetisi yang disebut-sebut akan menjadi kompetisi profesional di Indonesia. Awalnya gw sempat mengikuti kompetisi ini. Apalagi ada Arseto yang dulu mempunyai Asrama di Cempaka Putih, tempat tinggal kakek Moedjeran yang pindah kesana. Setiap pertandingan di Stadion Menteng, suporter Arseto mendominasi dengan kaos warna putih. Gw tidak pernah nonton langsung karena setiap baca koran, mata gw masih mencari-cari dimanakah pemain2 Persija kebanggaan gw. Ternyata pemain2 Persija terpecah belah ke beberapa klub Galatama. Ada Jayakarta, Indonesia Muda, Perkesa, Warna Agung, dan UMS 80. Itulah sebabnya gw kurang tertarik mengikuti Galatama. Karena gw anggap Galatama justru memecah belah kekuatan Tim Jakarta. Jadilah masa remaja gw menjadi orang yang acuh terhadap perkembangan sepakbola di Indonesia. Apalagi ketika muncul Ketua Umum PSSI yang baru yg bernama Azwar Anas. Terpilihnya beliau entah kenapa membuat gw tidak tertarik lagi mengumpulkan kliping. Gw penasaran kenapa sepakbola diketuai oleh seorang yg namanya ga pernah gw denger begitu perhatian sama sepakbola Indonesia. Begitu kecewanya gw, sampai2 kliping yg sudah rapih bertumpuk, langsung gw bakar. Nyokap gw juga heran kenapa gw sampai membakar barang2 yang selama ini menjadi kesayangan gw.

Begitulah. Masa SMP dan SMA gw menjadi orang yang kurang mengikuti perkembangan sepakbola tanah air. Apalagi seperti kebanyakan remaja di Jakarta, sepakbola memang bukan jadi olahraga favorit. Sepakbola menjadi pilihan kesekian bagi remaja ibukota tuk mengisi hari2 kehidupannya. Gw lebih banyak maen voli atau jalan2 tuk sekedar nongkrong sama teman2. Sekolah gw di SMP Budi Mulia Mangga Besar. Sekolah Katholik. Menurut orang tua gw, jaman dulu sulit dicari Sekolah Islam yang mempunyai disiplin tinggi. Jadilah gw berada di sekolah swasta yang olahraga Volley dan Bulutangkis menjadi yang paling digemari disana. Masuk Sekolah Menengah Atas, gw mengikuti anjuran Bokap tuk masuk SMA Negeri 1 Jakarta. Bokap kurang suka kalo anak2nya tetap bersekolah di swasta karena kurang bagus buat perkembangan anak2nya. Di sekolah swasta kan rata2 hanya orang2 berduit aje, sementara kedua orang tua gw pengen anak2nya juga bisa melihat kalo ada orang2 yang kurang beruntung hidupnya. Dan itu bisa kita dapatkan di sekolah negeri. Di SMA Negeri 1 Budi Utomo, voli dan basket jadi olahraga paling populer. Sepakbola memang mulai gw ikutin tapi sekedar pertandingan antar kelas. Mungkin akan beda bila dulu sudah sering diadakan turnamen sepakbola antar SMA.

Masuk Perguruan Tinggi, gw kuliah di Institut Teknologi Indonesia di Serpong Tangerang. Institut ini dulu dijuluki Institut Bebas Hambatan karena nama2 pembinanya diisi oleh orang2 ternama seperti Bapak Habibi mantan Presiden RI, Bpk Hasrul Harahap, dan masih banyak lagi nama2 menteri saat itu. Masa kuliah inilah gw melihat kenyataan bahwa sepakbola Indonesia sudah didominasi oleh PSMS Medan, Persib Bandung, Persebaya Surabaya dan PSIS Semarang. Semakin penasaran gw ketika melihat temen2 kampus gw berbondong-bondong ke Senayan tuk mendukung salah satu dari ke-4 tim tsb. Wah? Kok mereka dukung tim-tim daerah sih? Mentang-mentang berasal dari daerah? Mulailah gw terpanggil lagi tuk memberikan dukungan pada Tim Persija Jakarta. Bersama rekan2 gw di kampus, gw mulai aktif lagi ke Senayan ngasi dukungan ke Tim Persija Jakarta.

Saat itu Persija juga memiliki tim yang bermaterikan pemain2 kelas atas seperti Azhari Rangkuti, Aji Ridwan Mas, Patar Tambunan, Marzuki Nyak Mad, Kamarudin Betay, Miro Baldo Bento, Rahmad Darmawan, Iskandar, Budiman Yunus, dll. Gw pernah dapat pengalaman ga enak ketika nonton Final Perserikatan Indonesia. Ketika itu Persebaya Surabaya menjadi lawan di Final. Pas gw masuk stadion di tribun atas, ternyata sejauh mata memandang isinya cuma suporter Persebaya semua. Buset, mana gw udah pake atribut kebesaran Persija saat itu, .... atribut berwarna merah. Kondisi ini persis seperti iklan televisi yang dibintangi Indra Bekti. Beruntung gw melihat ada satu sektor di tribun atas yang didominasi warna merah dengan spanduk dan bendera2 DKI di antaranya. Gw langsung menuju kesana melewati suporter Persebaya yg sudah memadati stadion.

Persija ketinggalan lebih dahulu, dan gemuruh sorak penonton membuat gondok hati. Gile, ini Jakarta kenapa Persija jadi dimusuhin? Makanya begitu Persija bikin gol balasan, kita langsung teriak sepuasnya. Namun kegembiraan tidak berlangsung lama, Persebaya balas lewat gol cepat. Dari situlah terjadi sedikit keributan. Beberapa suporter Persebaya tiba2 datang menyerang anak2 SMA di depan gw dan merebut spanduk mereka. Kondisi ini jelas ga bisa kita terima, dan teman gw yang sangat fanatik, Agus Pitoyo langsung menegur. Akibatnya tejadilah perkelahian kecil disana. Kita jelas kalah jumlah, dan pihak keamanan yang berada disana juga berpihak pada suporter Persebaya. Keributan mereda, dan suporter Persebaya kembali ke habitatnya. Namun suasana malah semakin memanas ketika Persebaya mencetak gol ketiganya. Jumlah suporter Persebaya yang melakukan lemparan ke arah kita malah lebih banyak. Atas anjuran dari pihak keamanan, suporter Persija diminta tuk meninggalkan stadion lebih dahulu sebelum pertandingan selesai. Sakit hati memang, tapi kita harus melihat realita yang ada. Ketika tiba di luar stadion, kita sempat mendengar teriakan gemuruh ketika Persija mencetak gol balasan. Rupanya, pendukung Persija juga cukup banyak namun tidak menggunakan atribut merah. Sayang akhirnya Persebaya keluar sebagai juara dengan skor akhir 3-2. Pengalaman itulah yg paling membekas di hati dan pikiran gw. Ada semacam dendam yang tumbuh di hati ini..... SATU WAKTU GW AKAN BUKTIKAN KALO PERSIJA JUGA AKAN BISA PUNYA SUPORTER FANATIK.

sumber: http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150176298134326

No comments:

Post a Comment