Friday, October 15, 2010

Gimana cara lo tunjukin Nasionalisme !!

by Panji Eka Sapta on Tuesday, 17 August 2010 at 02:02
dini hari tanggal 17 agustus 2010 ini gw gak bisa tidur..
mending gw tulis notes menuangkan pikiran gw tentang menyambut hari istimewa bagi seluruh rakyat INDONESIA

gw sebagai generasi muda penerus bangsa ini yah... sedikit sadar akan lunturnya rasa nasionalisme pada diri anak muda sekarang..
kemauan serta hasrat anak muda yang selalu ingin hal-hal baru seakan melupakan hal lama. hal yg mungkin sudah terlalu lama di dengung-dengungkan yaitu nasionalisme.

kalo dalam pelajaran, entah itu PPKN atau IPS, nasionalisme berarti mencintai bangsa indonesia.
definisi yang sangat singkat dan memiliki banyak arti menurut gw.
banyak arti karena kata mencintai disitu bukan ditujukan pada seseorang, melainkan pada sesuatu yang abstrak, tak dapat dilihat atau disentuh, namun memiliki nilai. yaitu NEGARA, TANAH AIR, dan BANGSA
nah sekarang sebagai generasi muda, pasti semua pada memiliki rasa cinta, bohong jika para remaja tidak pernah merasakan cinta. hampir tiap hari buka Facebook selalu berisikan tentan cinta. entah itu dengan pacar, gebetan, teman, artis, klub favorit dll...

kita sebagai warga negara INDONESIA seharusnya memiliki rasa kebanggaan, rasa cinta akan INDONESIA.. walau harus diakui banyak masalah yang mendera kita.



sekarang gimana cara para generasi muda atau lo lo pade nunjukin rasa nasionalisme lo semua. gak perlu muluk-muluk deh. contoh aje lo tunjukin rasa cinta lo sama pacar lo..
tiap weekend jalan bareng, tiap malem smsn,teleponan, kasih perhatian, anterin pulang, dll
nah kalo lo cinta akan NEGARA lo INDONESIA ini coba lo tunjukin rasa nasionalisme atau cinta lo pada INDONESIA.

kalo lo tanya para politikus mereka pasti jawab dengan kata-kata manis namun menurut gw BASI atau sering diucapin gimana cara mereka nunjukin nasionalisme mereka.

bertanya pada orang tua atau remaja seperti lo lo pada yang tidak memiliki rasa nasionalisme pasti mereka tak akan mampu berkata banyak,
contoh deh
coba lo sebutin isi sumpah pemuda??? coba sebutin teks pancasila??? coba nyanyiin lagu bagimu NEGRI atau Indonesia Raya???
pertanyaan sederhana yang anak SD pun mampu menjawabnya..

tapi ketawa miris gw liat acara di TV, yang mewawancarai orang-orang, pada tidak mampu menjawab pertanyaan sederhana tersebut.

dan yang lebih EXTREME  lagi di salah satu status update gw, pernah ada seseorang yang coment dan beradu pendapat sama gw tentang mudurnya sepakbola nasional. kata-kata EXTREME  itu berbunyi "akh kalo gitu mending gw pindah kewarganegaraan, daripada di indonesia yang gak pernah maju"

pengen banget gw treak DIMANA LO TINGGAL??? DIMANA LO LAHIR???

itu salah satu contoh bobroknya rasa nasionalisme pada generasi muda. apa sama sekali tidak ada rasa bangga akan tanah air ini???

memurut gw lunturnya rasa nasionalisme tersebut tidak lepas dari ketidakberhasilan Indonesia dalam berkembang. para generasi muda dengan tekhnologi dan informasi yang seba update, melihat perkembangan negara lain yang jauh meninggalkan INDONESIA seperti singapur, hongkong, thailand dll
para generasi muda bahkan pergi ke negara luar hanya untuk hal sepele yang mungkin dapat dilakukan di INDONESIA juga. yah . . . walau yang tersedia di bumi pertiwi kita ini masih sangat terbatas. tapi kebanggaan dengan apa yang kita punya menurut gw salah satu bentuk nasionalisme.

oh iye ampe lupa, daritadi gw tanya lo lo pade gimana tunjukin rasa nasionalisme, tapi gimane dengan diri gw sendiri.
gak mau berpanjang lebar, lu liat foto di bawah ini

kalo masih gak ngerti juga, gw bilang kan tadi dengan adanya rasa bangga dengan apa yang kita punya udah tunjukin NASIONALISME kita.. gw suka bola, mungkin bisa dibilang gw gilabola. sebagai penggila bola dan juga supporter tim sepakbola, rasa nasionalisme gdalam bentuk: gw bangga dan gw cinta akan sepakbola nasional.. sebagai bentuk cinta gw,
gw dateng ke stadion untuk mendukung TIMNAS INDONESIA berlaga..

sebagai warga yang belum dapat mempersembahkan apa-apa pada negara, gw cuma bisa kasih dukungan atau support pada semua yang akan mengembangkan Negara ini dan mengecampada orang atau oknum yang menghambat perkembangan Negara kita ini , meskipun gw rasa tiada artinye, tapi yah inilah yang bisa gw lakuin untuk negara gw tercinta ini..

mengutip perkataan mantan presiden Amerika Serikat "JANGAN TANYA APA YANG NEGARA TELAH BERIKAN PADAMU, TAPI BERTANYALAH PADA DIRI SENDIRI, APA YANG TELAH KITA LAKUKAN UNTUK NEGARA KITA INI"

No comments:

Post a Comment