Sunday, October 17, 2010

Semua Hanya Awal

by Panji Eka Sapta on Saturday, 09 October 2010 at 20:46

 



mungkin cara tepat bagi seseorang untuk memacu ataupun memotivasi hidupnya agar lebih dan lebih baik adalah selalu berfikir positis serta rendah hati. ya.. manusia yang tidak dan tidak akan pernah merasa puas ini selalu mencaru sesuatu yang lebih dari apa yang ia telah peroleh.berfikir positif akan membawa kita pada keceriaan dan menjauhi dari kemurungan. dengan ceria ini kita mampu mengembangkan diri kita lebih optimal. keceriaan juga yang membuat kita mampu berkreasi serta brmimpi apa yang akan hendak kita raih. rendah hati juga mampu membuat kita termotivasi. rasa tidak puas dan haus akan sesuatu yang lebih. Rasa rendah hatimembuat kita tidak pernah merasa puas, selalu merasa ada yang lebih dan lebih dari kita. asal jangan rendah menjadi rasa rendah diri atau minder. justru rasa itu akan menghalangi kita untuk maju. tak perlulah minder JUST BE U'RSELF aja. walau gw akui gw pernah minder akan sesuatu kekurangan gw.

ya.. semua hanya awal.. jika manusia menyadari serta berfikir positif dari kata kata ini tentu memiliki makna lebih. jangan diartikan semua yang kita jalani di hidup ini tak ada akhirnya, tapi coba artikan segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita adalah sebuah langkah awal menuju step atau tingkatan yang lebih baik. ya.. dalam hidup ini kita akan melalui berbagai tingkatan yang tak mudah untuk dilalui, tapi setelah kita mampu melewati tingkatan tersebut janganlah kita merasa puas. karena sesuatu yang lebih besar telah menunggu kita di depan.

mau bukti??

coba pikir yang telah kita lalui selama hidup ini sampai sekarang kita masih menghembuskan nafas ini. awal dari segalanya adalah Allah telah menciptakan kita dan meniupkan roh pada jasad atau masih dalam rahim ibu kita. itu adalah awal dari segalanya. setelah +- 9 bulan berjuang hidup dalam rahim ibu kita, kita berhasil melaluinya dengan tangis kecil kita, itulah hal pertama atau awal kita hidup di dunia sebagai manusia. lagi lagi awal. bukanlah akhir perjuangan hidup kita. dalam hidup ini pun kita harus melewati berbagai tingkatan kehidupan. tingkatan tersebut semakin tinggi, maka semakin baik kita sebagai manusia. sebagai contoh, dalam dunia pendidikan, kita harus mengawalinya dari bangku TK ataupun SD, setelah menyelesaikan SD, kita harus mengawali lagi di bangku atau tingkat SMP. lagi-lagi awal, namanya saja SMP (Sekolah Menengah Pertama), pasti ada tingkat selanjutnya, yaitu SMA. awal lagi di sebuah tingkatan yang baru. setelah tingkat SMA selesai maka selesai pula segala kegiatan kita di tingkat sekolah. tapi apa ini hanya akhir?? jelas tidak karena ada tingkatan lain yang mampu merubah kita menjadi manusia lebih baik dan berguna di masyarakat, yaitu kuliah. awal lagi harus kita mulai. kuliah pun memiliki tingkaan S1, S2 dan S3,

jika manusia ingin maju, maka manusia haruslah haus akan sesuatu yang lebih. tidak mudah puas hanya dengan tingkatan SMA atau S1 saja, tapi selama kita mampu, sedapat mungkin kita raih segala sesuatu yang dapat kita raih. terus berjuang dan selalu berfikir bahwa dalam hidup kita ini hanya awal.

selesai tingkat pendidikan, kita menjadi manusia yang langsung berinteraksi di masyarakat. awal yang baru menjadi manusia yang dewasa, mandiri dan berkompeten. lagi lagi awal dan jika dijabarkan mungkin banyak sekali segala sesuatu yang kita fikir akhir, tapi sebenarnya adalah awal dari hidup kita ke arah yang lebih baik.

awal kita memulai hidup berumah tangga, awal kita memiliki keturunan, awal kita menjadi tua, awal kita mulai renta, awal kita merasa lelah dan semuanya sampai akhirnya kita berakhir di pembaringan menghembuskan nafas terakhir kita.

apakah itu adalah akhir dari kehidupan kita?? di dunia IYA, tapi apakah akhir dari serangkaian hidup kita tentu TIDAK. karena pada hakikatnya Kematian adalah awal kehidupan kita di alam barzah, lalu di akhirat dimana kita akan mempertanggung jawabkan segala perbuatan kita di dunia. di akhiratlah akhir dari segalanya dan kita akan mendapat keabadian disana.

Biarkan kita bedrfikir semua ini hanya awal, setiap kita menyelesaikan segala sesuatu, jangan pernah kita berfikir ini adalah akhir, karena sesuatu yang baru telah menanti kita di depan. sampai nanti kita menghembuskan nafas terakhir kita nanti.

No comments:

Post a Comment