Monday, October 11, 2010

SAFE INDONESIAN FOOTBALLL !!!!!

(by Panji Eka Sapta on Friday, 25 December 2009 at 08:12)



Sumpah, gw miris banget liat perkembangan sepakbola di Indonesia…
Sepakbola merupakan olahraga yang paling diminati di Indonesia, tiada hari tanpa memicarakan sepakbola, entah itu dirumah, kantor, kampus, sekolah bahkan di wrung-warung kopi….

Seakan-akan itu semua membuktikan bahwa sepakbola sudah me4njadi bagian hidup rakyat Indonesia. Tanpa sepakbola ada gairah yang tidak timbul dari diri masing-masing orang. Sepakbola sudah menjadi gairah hidup kita. Gw sering liat anak kecil umur 5-8 tahun udah bisa-bisanya berbicara sepakbola, bahkan sepakbola internasional. Atau anak umur 4 tahun dengan lantangnya menyanyikan lagu-lagu supporter yang hanya bisa didengar distadion, tidak dijual di toko-toko kaset.

Tapi apa yang terjadi di Indonesia?????



Sepakbola hanya menjadi wacana atau bahkan tidak terlalu diperhatikan pihak yang “berkuasa.” Tak ada lagi dukungan penuh dari mereka. Atau yang lebih parah, sepakbola yang notabenya menyedot animo banyak orang, digunkan sebagai ajang kampanye!!!!!! Dalam kampanye, mereka menjanjikan akan memperhatikan atau bahkan memajukan sepakbola, tapi setelah terpilih seperti “ habis manis sepah dibuang:”

Akhir-akhir ini gw sebagai pecinta PERSIJA, miris banget sama yang terjadi di PERSIJA. Mereka selalu saja terhambat dalam memainkan laga kandang. Entah berjuta alas an yang di paparkan yang dapat menggagalkan pertandingan. Dimulai dari ajang PEMILU, menurut gw, memang kenapa dengan PEMILU???? Memang polisi kekurangan personil untuk mengamankan pertandingan??? Laipula apa hubungannya sepakbola dengan pemilu????? Lalu dilanjutkan kemarin saat pelantikan presiden, kembali polisi tidak memberikan ijin adanya keramaian di ibukota, tetapi banyak konser musik yang juga menyedot animo banyak orang tetap[ diselenggarakan. Lalu bulan ini bahkan TEMPAT pertandingan yang bernama STADION, tidak bisa digunakan untuk pertandingan sepakbola dikarenakan digunakan acara keagamaan…. Lalu karena bentrok dengan perayaan keagamaan pula polisi lagi-lagi melarang adanya pertandingan sepakbola…. Kembali gw Tanya, APA HUBUNGANNYA DENGAN SEPAKBOLA??????

Di inggris saja yang perayaan natal lebih WAH daripada di INDONESIA, seahri dari perayaan natal ada pertandingan sepakbola khusus yang diberi istilah BOXING DAY. Kembali TANYA KENAPA????

Ada wacana akan menjadikan Indonesia tuan rumah piala dunia tahun 2022, tapi apa bisa jika sepakbola kita selalu dibelakangkan daripada kepentingan-kepentingan yang menurut gw sama sekali gag berkaitan dengan sepakbola. Ayolah bapak-ibu pejabat pemerintahan ,kalo lo-lo pada emank niat bikin rakyat Indonesia bahagia, gak usah muluk-muluk dengan pertumbuhan ekonomi atau pemerataan pedapatan. Tapi mulai ajah dari hal kecil, dengan tidak lagi menghambat kemajuan sepakbola Indonesia. Rakyat Indonesia walau tidak terlalu sejahtera hidupnya, namun mereka pasti bahagia dapat menyaksikan kesebelasan yang mereka cintai berlaga. Dukungan penuh stadion, sorak-sorai penonton dan sebagainya akan membuat Indonesia lebih ceria dan bersatu untuk 1 kata: INDONESIA JAYA seperti yang gw rasain waktu piala asia kemaren di jakarta....

KATANYA BOLA KITA RUSUH
KATANYA BOLA GAK BERMUTU
APAPUN YANG TERJADI KU TETAP BERJANJI
MENDUKUNG SEPAKBOLA NEGERI INI

POLITIK BERKELAHI
SALING CACI MAKI
FOR ME FOOTBALL FOR UNITY 




No comments:

Post a Comment